Vespa Sprint
Vespa Sprint dibuat oleh Vespa dari tahun 1965 –
1979. Datang dalam dua versi. Yang pertama kali keluar dinamai Vespa
Sprint, dibuat hingga tahun 1974. Model selanjutnya dinamakan Vespa
Sprint Veloce, dibuat tahun 1969 hingga 1979, jadi keduanya pernah
keluar bersamaan dari tahun 1969 hingga 1974.
Update terbesar Sprint Veloce adalah pada
mesinnya. Desainnya diubah dari desain lamanya yang 2 port dengan
tambahan transfer port ketiga pada puncak akhirnya. Rasio kompresi juga
ditingkatkan dari Vespa Sprint yang 7.5:1 menjadi 7. 7 : 1 pada Vespa
Sprint Veloce.
Model yang asli tidak mempunyai lampu reting /
signal namun Sprint Veloce akhirnya berhasil diekspor semua ke U.S
setelah tahun 1973 mempunyai lampu reting sebagai perlengkapan standar
untuk memuaskan peraturan Amerika. Bajaj Chetak, diproduksi oleh India,
merupakan duplikat Vespa Sprint. Karenanya, hingga sekarang setiap
bagian suku cadangnya masih bisa didapatkan dalam kondisi baru di pasar
bekas.
Hampir setiap sudut penampilan Vespa 150 Sprint
diperbesar dari vespa umumnya keluaran dekade 1960an (VNA / VNB / VBB /
VBC) dengan spesifikasi lebih lebar pada ban (3.50X10”), box di kiri
kanan serta spakbor lebih besar dibandingkan vespa kelas super;
kapasitas 145.45 cc; 2-tak; Silinder tunggal; Pendingin udara;
4-kecepatan; Pengapian koil; Rem depan dan belakang tromol; Jarak roda
1200 mm; Berat kering 89 kg; Kapasitas tanki 7.7 liter (cadangan 1.4
liter); Konsumsi BBM 2.1km/100km (apx); dan Radius belok 1400 mm.
Vespa sprint mempunyai penampilan awal yang
hampir menyerupai Vespa Grand Lux dan beberapa pendapat mengatakan bahwa
vespa sprint merupakan spec-drop dari Vespa GL.
Kerangka body Vespa 150 Sprint sama dengan produk
untuk Vespa GL, namun dengan sentuhan warna baru yakni silver metalik.
Di sayap (fender) bagian kanan tersemat kata Vespa Sprint tersusun
miring dua baris dengan style italic handwritting terbuat dari sejenis
campuran alumunium yang berefek kebiru-biruan. Begitupun halnya dengan
kata dibagian belakang, tertulis 150 Sprint tersusun miring satu baris
yang berbahan serta material sama seperti bagian depan dan terletak agak
diatas lampu bagian belakang.
Terdapat striping lurus terbuat dari alumunium
pada bagian spakbor depan, box bagasi dan box mesin yang sejajar di kiri
kanannya. Dengan kunci stang berbentuk oval, Vespa 150 Sprint
menggunakan 2 jenis jok sesuai dengan permintaan yaitu model jok (sadle)
ganda (pengendara dan penumpang) berwarna biru tua dan jok panjang
(single-seater).
Bagian yg berlapis krum adalah baut gagang rem
depan dan gagang kopling, klakson, rumah lampu belakang, ring lampu
depan, kunci stang, tutup kunci stang dan kunci tutup box bagasi.
Lapisan berwarna seng terdapat pada bagian-bagian seperti standar, shock
bagian depan, seluruh baut dan mur serta tutup bak kopling.
Bagian yg beraksen posfor meliputi shock bagian
belakang termasuk per, baut dan murnya, serta per bagian depan. Sentuhan
metal halus terdapat pada bagian gagang rem depan dan kopling, pedal
rem belakang, gantungan barang, kuku macan, jengger depan, selahan,
kunci (pengkait) box mesin, gagang kran bensin, dan lis sayap depan.
Bagian yg bernuansa stainless adalah rumah saklar dan lis karpet tengah
yang terbuat dari karet.
Setang (handlebar) model kotak seperti GL dan
Super serta speedometer oval, adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint
terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 1001-VLB1T
1205477 dan nomor mesin di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran
knalpot diawali dengan kode VLB1M. Bagian-bagian lain yg memiliki warna
berkesan alumunium meliputi velg, tromol depan dan belakang, tutup
kipas, fork depan. Sementara itu warna lapisan anti karatnya adalah
abu-abu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar